Monday, June 24, 2013

11 Butir Resolusi Isu Syria

“Sikap Ulama Umat Terhadap Konflik Suriah.” 

Acara yang berlangsung di Kairo Mesir ini, 4 Sya’ban 1434 H/13 Juni 2013 M, dihadiri oleh lebih dari 500 tokoh dan ulama Ahlisunnawaljamaah dari 50 negara  yang masing-masing berafiliasi kepada 65 organisasi dan yayasan Islam di dunia, seperti: IUMS (Persatuan Ulama Sedunia) dibawah pimpinan Dr. Yusuf Qardhawi,  Ittihad ‘Alami Lidhuat (Ikatan Dai Internasional) yang diketuai oleh Dr. Mohammad Al-Areefi, Rhabitah Ulama Muslimin (Ikatan Ulama Muslimin) yang diketuai oleh Syaikh Al-Amin Alhajj, Rhabitah Alam Islamy, Persatuan Internasional Ulama Al-Azhar,  Ikatan Ulama Muslim Suriah dan lain sebagainya.

Muktamar ini melahirkan “11 Butir Resolusi” terkait konflik di Suriah, secara singkat sebagai berikut:
1. Kewajiban syar’I  umat muslim berjihad di Suriah
2. Perang di Suriah adalah perang terhadap Islam
3. Menyerukan persatuan umat muslim sunni
4. Apresiasi terhadap peran pemerintah Turki dan Qatar, dan seruan terhadap para pemimpin Arab dan  Organisai Negara Teluk (CCASG) untuk membantu perjuangan rakyat Suriah.
5. Seruan terhadap umat Islam untuk memboikot produk-produk Iran.
6. Optimalisasi peran para ulama dan cendekiawan muslim untuk menyadarkan umat perihal hakikat konflik Suriah.
7. Mengingatkan tentara Suriah akan haramnya darah kaum muslimin.
8. Mengingatkan PBB dan DK PBB akan peran yang seharusnya ditempuh dalam menangani konflik di Suriah
9. Mengecam kepada segenap pihak yang mengklasifikasi dan menilai sebagian organisasi pejuang kebebasan rakyat Suriah sebagai aksi teroris dan terorisme.
10. Maksimalitas upaya dan peran organisasi-organisasi kemanusian dunia Islam dalam membantu perjuangan rakyat Suriah, khususnya dalam menangani para eksodos dan pengungsi Suriah.
11. Pembentukan tim khusus untuk memantau segala upaya dan realisasi dari hasil yang telah dicapai melalui muktamar ini.

“Perang di Suriah sebagai perang terhadap umat Islam secara keseluruhan dan bukan saja terbatas pada rakyat Suriah,”-Syeikh Yusuf al-Qardhawi

“Jika kalian sudah kehilangan harga diri dan kehormatan untuk membela saudar-saudara kita di Suriah, maka minimal kalian bebaskan rakyat Arab untuk bertindak membantu saudara-saudaranya di Suriah, dan kalian akan disiksa di kubur jika tidak membantu perjuangan rakyat Suriah saat ini,” tegas Areefi.“Biarkanlah rakyat berangkat berjihad dengan senjata ke Suriah. Umat ini tidak akan pernah sabar atas aksi pembunuhan yang terus terjadi di Suriah secara membabi buta. Sebaliknya, umat ini akan merekrut para pemuda jihad dari setiap negara Islam untuk meraih kemenangan. Dan itu akan dimulai dengan jihad di tanah Syam." -Syaikh Dr. Mohammad Areefi, Ittihad ‘Alami Lidhuat (Ikatan Dai Internasional)

Syaikh Alamin El Hajj, Ketua Ikatan Ulama Muslimin:
Konflik Suriah  adalah persoalan kaum muslimin karena para mujahid yang berperang  melawan rezim Bassar di sana hakikatnya demi kepentingan Islam. “Jihad di Suriah hukumnya wajib bagi seluruh umat”, dan yang paling penting dari sekedar memberi bantuan kepada saudara-saudara kita disana adalah kembali kepada Al-Quran dan Sunnah yang merupakan sebab utama kemenangan kaum muslimin dan berhati-hati dan meninggalkan segala bentuk kemaksiatan dan kebid’ahan yang merupakan sebab kehinaan dan kekalahan.

No comments:

Post a Comment